Cara Memilih Makanan yg Baik

Makanan merupakan salah satu sumber energi bagi manusia yang hidup di bumi. Ada banyak fungsi makanan bagi tubuh kita diantaranya sebagai sumber vitamin, energi dan untuk pertumbuhan. Meski demikian tidak semua makanan mengandung zat makanan yang diperlukan oleh tubuh. Bahkan ada makanan yang tidak sesuai dengan tubuh kita dan malah zat yang terkandung makanan tersebut dapat mengakibatkan rusaknya sel-sel dalam tubuh kita. Maka dari itu kita dituntut untuk lebih cermat dan teliti lagi dalam memilih makanan yang sesuai dengan kita. Biasanya orang yang beranggapan bahwa makanan yang sehat pasti tidak enak rasanya. Memang, hal tersebut bisa terjadi namun jika kita dapat memilih makanan dengan benar,maka kita akan menemui makanan yang tentunya sehat sekaligus terasa enak kita rasakan. Berikut tips dari bagian dapur RSI Sultan Agung Semarang mengenai memilih makanan yang sehat sekaligus terasa lezat saat kita konsumsi.

No
Tips makanan yang sehat
1
Konsumsi makanan yang kaya nutrisi
2
Konsumsi padi-padian penuh buah dan sayuran
3 Atur berat badan seimbang
4 Makan dalam ukuran yang layak
5 Makan secara teratur
6 Kurangi, bukan membetasi porsi makan
7 Seimbangkan pilihan makanan anda setiap saat
8 Mengetahui kesulitan program diet anda
9 Buat perubahan secara bertahap

Selain itu, dalam memilih makanan yang sehat bagi tubuh kita ada beberapa hal yang harus kita ketahui diantaranya makanan tersebut tidak mengandung bahan pengawet, makanan yang tidak mengandung bahan pengawet juga harus bebas dari kandungan zat yang memicu kanker. Selain iitu awasi juga tanggal kadaluwarsa yang biasanya tertera dalam kemasan makanan tersebut. Jika sudah lewat dari tanggal kadaluwarsa, biasanya makanan tersebut sudah kotor dan sudah tidak mengandung gizi yang diperlukan bagi tubuh.

Zat gizi yang terkandung dalam makanan memang tidak sempurna, maksudnya ada jenis makanan yang tidak mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Maka dari itu kita juga harus melengkapi zat gizi tersebut dari jenis makanan yang lain. Keterangan tadi juga berarti ada saling ketergantungan antara zat gizi. Misal,zat mangan (Mn) didalam tubuh kurang, maka vitamin A juga tidak dapat dimanfaatkan secara optimal. Vitamin dalam makanan juga harus diengkapi dengan pemenuhan kebutuhan energi. Pemenuhan kebutuhan energi tersebut dapat dilengkapi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein,karbohidrat dan lemak.

Lemak yang terkandung dalam makanan juga harus kita perhatikan, lemak yang aman dikonsumsi oleh manusia berasal dari makanan seperti kacang dsb. Lemak yang sehat akan sangat berguna bagi penyerapan vitamin-vitamin A,D,E,dan K. Vitamian A misalnya, vitamin  yang berasal dari zat besi Semua Kebutuhan akan konsumsi makanan yang sesuai berkisar antara 15-25 % dari kebutuhan energi. Dalam mengkonsumsi jenis makanan juga harus disesuaikan dengan waktu kita mengkonsumsi. Hal-hal seperti jangan terlambat untuk sarapan pagi juga harus selalu diperhatikan. Makan pagi memang sangat bermanfaat bagi setiap orang. Baik dewasa maupun anak kecil,karena dengan makan pagi kita dapat mempertahankan daya tahan saat bekerja dan meningkatkan produktifitas kerja.

Makanan yang kita konsumsi juga harus diimbangi dengan konsumsi air. Karena air di dalam tubuh kita sangat berguna untuk melancarkan transportasi zat gizi dalam tubuh kita, air juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh, pengaturan suhu tubuh juga memerlukan air, sehingga semakin banyak air yang kita konsumsi maka kestabilan suhu tubuh kita akan terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s